Sabtu, 28 Maret 2015

PEMASARAN SANGGAR SENI TARI TRADISIONAL KALIMANTAN SELATAN DI YOGYAKARTA

1.      Komponen apa saja pada bauran pemasaran yang telah anda terapkan dalam diri/kelompok seni anda?
Jawab ;
1). Product. Produk yang kami tawarkan adalah berupa jasa tarian tradisional Kalimantan Selatan. Baik secara individu, berpasangan maupun berkelompok.
2). Price. Harga yang kami negokan kepada konsumen kami adalah berpariasi, tergantung tempat pementasan, jumlah penari dan jumlah tarian yang akan dibawakan.
3). Promotion. Kami mengiklankan jasa kami dengan melalui media sosial (twitter, facebook dan youtube), membuat browsur, dan melaui pertemuan-pertemuan antar persatuan mahasiswa daerah.

2.      Apa saja tugas-tugas yang perlu dilakukan oleh diri/kelompok seni anda demi berhasilnya manajamen pemasaran?
Jawab;
1). Menganalisa sasaran pasar.
            a. kapan, di mana dan kapan konsumen/EO memerlukan.
            b. bagaimana sikap konsumen/EO atas jasa kami.
2). Perancanaan tarian (jasa).
            a. tarian seperti apa yang ditawarkan.
            b. apa yang akan menjadi brand tarian kami.
            c. bagaiman tarian kami untuk dikembangkan.
            d. menentukan segmen, siapa saja yang memerlukan jasa kami.

3.      Bagaimana cara anda untuk menarik sekaligus mempertahankan pelanggan untuk tetap setia/melihat/mengunjungi karya seni anda? Apa yang disebut dengan pemasaran berbasis data?
Jawab.
1). a. Menarik : Caranya adalah, mempertkenalkan perbedaan produk jasa yang kami tawarkan. Bagi penyelenggara, kami tidak memberikan harga yang tetap, namun tetap bisa bernegosiasi.
b. mempertahankan : dengan membina hubungan baik kepada pelanggan, dengan cara meminta no kontaknya, kemudian setiap kami ada kegiatan pementasan tari, mereka selalu kami hubungi (diundang).
2). pemasaran basis data adalah pemasaran dengan cara mengumpulkan daftar-daftar pelanggan secara terorganisir berupa data-data pelanggan dan para calon pelanggan individual terkini, dapat diakses dan dapat dimanfaatkan demi mencapai tujuan pemasaran seperti identifikasi dan kualifikasi calon pelanggan, penjualan produk atau jasa dan membina hubungan.

4.      Siapa saja yang  menjadi segmen dan target anda? jelaskan!!!
Jawab :
             1). Segemen ; a. Geografis. Masyarakat yang ada di Jogyakarta dan sekitarnya.
b. Demografis. Seluruh katagori umur masyarakat dan semua latar belakang pendidikan.
c. Behaviorisitik. Masyarakat dengan tingkat kegemaran yang tinggi  terhadap seni, khususnya tarian tradisional.
2).  Target; Hitrogen. Bayaran yang tidak terlalu mahal dan audiens dapat membedakan kelompok seni tarian kami dengan kelompok seni tari dengan daerah lain.

5.      Bagaimana posisi anda/kelompok seni anda dibandingkan dengan pesaing? Sebutkan kekuatan dan kelemahan kelompok anda dengan pesaing? Dan bagaimana upaya mempertahankan pangsa pasar?
Jawab :
1). Posisi kelompok seni kami bisa dikatakan  berada/mempunyai rengking ditengah-tengah dibanding dengan kelompok seni tari dari daerah lain. Untuk jadwal pentas tidak terlalu padat, namun regenerasi tetap ada.
2). Kekuatan kelompok seni kami : - mempunyai hubungan langsung dengan beberapa sanggar seni lain di Daerah Istimewa Yogyakarta.- mempunyai hubungan baik dengan pemerintah Prov. Kalimantan Selatan. – mempunyai hubungan baik dengan audiens setia.
Namun kelemahan kami adalah tidak mempunyai pengarsipan dokumentasi yang baik untuk dijadikan sebagai profil dan demo. – tidak mempunyai pendanaan yang cukup. – tidak mempunyai  sistem regenerasi penari yang bagus.

3). Cara untuk mempertahankan pasar adalah dengan  cara selalu menghendaki tuntuan para audiens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar