1. Komponen apa saja pada bauran
pemasaran yang telah anda terapkan dalam diri/kelompok seni anda?
Jawab ;
1). Product. Produk
yang kami tawarkan adalah berupa jasa tarian tradisional Kalimantan Selatan.
Baik secara individu, berpasangan maupun berkelompok.
2). Price. Harga
yang kami negokan kepada konsumen kami adalah berpariasi, tergantung tempat
pementasan, jumlah penari dan jumlah tarian yang akan dibawakan.
3). Promotion. Kami
mengiklankan jasa kami dengan melalui media sosial (twitter, facebook dan youtube), membuat browsur, dan melaui
pertemuan-pertemuan antar persatuan mahasiswa daerah.
2. Apa saja tugas-tugas yang
perlu dilakukan oleh diri/kelompok seni anda demi berhasilnya manajamen
pemasaran?
Jawab;
1). Menganalisa sasaran pasar.
a.
kapan, di mana dan kapan konsumen/EO memerlukan.
b.
bagaimana sikap konsumen/EO atas jasa kami.
2). Perancanaan tarian (jasa).
a.
tarian seperti apa yang ditawarkan.
b. apa
yang akan menjadi brand tarian kami.
c.
bagaiman tarian kami untuk dikembangkan.
d.
menentukan segmen, siapa saja yang memerlukan jasa kami.
3. Bagaimana cara anda untuk
menarik sekaligus mempertahankan pelanggan untuk tetap
setia/melihat/mengunjungi karya seni anda? Apa yang disebut dengan pemasaran berbasis
data?
Jawab.
1). a. Menarik : Caranya
adalah, mempertkenalkan perbedaan produk jasa yang kami tawarkan. Bagi
penyelenggara, kami tidak memberikan harga yang tetap, namun tetap bisa bernegosiasi.
b. mempertahankan : dengan membina hubungan baik kepada
pelanggan, dengan cara meminta no kontaknya, kemudian setiap kami ada kegiatan
pementasan tari, mereka selalu kami hubungi (diundang).
2). pemasaran basis data
adalah pemasaran dengan cara mengumpulkan daftar-daftar pelanggan secara
terorganisir berupa data-data pelanggan dan para calon pelanggan individual
terkini, dapat diakses dan dapat dimanfaatkan demi mencapai tujuan pemasaran
seperti identifikasi dan kualifikasi calon pelanggan, penjualan produk atau
jasa dan membina hubungan.
4. Siapa saja yang menjadi segmen dan target anda? jelaskan!!!
Jawab :
1). Segemen ; a. Geografis. Masyarakat yang ada di
Jogyakarta dan sekitarnya.
b.
Demografis. Seluruh katagori umur masyarakat dan semua latar belakang
pendidikan.
c.
Behaviorisitik. Masyarakat dengan tingkat kegemaran yang tinggi terhadap seni, khususnya tarian tradisional.
2). Target; Hitrogen. Bayaran yang tidak terlalu
mahal dan audiens dapat membedakan kelompok seni tarian kami dengan kelompok
seni tari dengan daerah lain.
5. Bagaimana posisi
anda/kelompok seni anda dibandingkan dengan pesaing? Sebutkan kekuatan dan
kelemahan kelompok anda dengan pesaing? Dan bagaimana upaya mempertahankan
pangsa pasar?
Jawab :
1). Posisi kelompok seni kami bisa dikatakan berada/mempunyai rengking ditengah-tengah
dibanding dengan kelompok seni tari dari daerah lain. Untuk jadwal pentas tidak
terlalu padat, namun regenerasi tetap ada.
2). Kekuatan kelompok seni kami : - mempunyai hubungan
langsung dengan beberapa sanggar seni lain di Daerah Istimewa Yogyakarta.-
mempunyai hubungan baik dengan pemerintah Prov. Kalimantan Selatan. – mempunyai
hubungan baik dengan audiens setia.
Namun kelemahan kami adalah tidak mempunyai pengarsipan
dokumentasi yang baik untuk dijadikan sebagai profil dan demo. – tidak
mempunyai pendanaan yang cukup. – tidak mempunyai sistem regenerasi penari yang bagus.
3). Cara untuk mempertahankan pasar adalah dengan cara selalu menghendaki tuntuan para audiens.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar